Muzayyin Arif

Reses di Kepulauan Bagian 3 Kabupaten Pangkep

    Kapal bersandar di dermaga. Kami pun bergegas menuju pemukiman warga, Pulau Sabangko Desa Mattiro Bombang.

Memasuki lingkungan perumahan. Sambil berjalan, saya menyapa satu persatu warga. Ternyata mereka sudah menunggu sejak tadi.

    Tiba di lokasi reses, kami diminta untuk menikmati jamuan santap siang terlebih dulu. Sambil berbincang-bincang ringan dengan tokoh yang hadir, termasuk Kepala Dusun di tempat itu.

Rupanya di pulau ini, saya pernah mendapat dukungan dari warga pada Pileg 2014 lalu untuk DPR RI, berkat bantuan Pak Dusun. Meskipun waktu itu saya belum diberi kesempatan duduk sebagai Anggota Dewan.

    Alhamdulillah, berkat takdir Allah SWT. Di kesempatan ini saya berkunjung sebagai Wakil Ketua DPRD Prov. Sulsel.

Meski untuk kali pertama datang ke pulau ini. Terasa tidak asing, juga karena ternyata orang tua kami memiliki hubungan dekat dengan warga disini. “Saya selalu ingin menyambung hubungan-hubungan yang telah dibangun oleh orang tua kita dahulu”.

    Dalam penyampaian reses, saya menjelaskan tugas-tugas sebagai anggota DPRD Prov. Sulsel, begitupun yang menjadi kewenangannya. “Saya ingin mendengar apa-apa yang menjadi harapan kita terhadap pemerintah”.

Selanjutnya saya mendengar aspirasi masyarakat. Secara umum yang menjadi kebutuhan warga di pulau ini adalah penerangan, mereka berharap hadirnya infrastruktur pembangkit listrik yang menunjang kehidupan mereka. Hal lainnya adalah kelayakan dermaga yang menjadi pintu masuk pulau. Di musim hujan dengan intensitas yang tinggi menyebabkan jalan masuk terendam.

    Pulau Sabangko yang merupakan salah satu Pulau dari 4 Pulau di Desa Mattiro Bombang. Desa dengan jumlah penduduk 2.886 jiwa.

Uniknya khusus di pulau ini, dari total luasnya 80 persen merupakan tambak perikanan dan sisanya dihuni oleh 200an penduduk sebagai pemukiman.

    Di dermaga, saat hendak meninggalkan pulau itu. Saya berbincang dengan seorang nelayan. Bertanya bagaimana kabarnya juga tentang mata pencahariannya. Saya menyadari betapa sulitnya memenuhi kebutuhan mereka sebagai seorang nelayan di saat seperti ini.

Namun, senyum hadir di wajahnya membuat saya merasa ikut bahagia.

    Sampai jumpa lagi.

#Sahabat-MA

Bagikan:

Categories

Tags

No Taxonomy Found! Sorry, but nothing matched your selection. Please try again with some different keywords.