Muzayyin Arif

Muzayyin Arif Membawakan Hikmah Peringatan Nuzulul Qur'an Pada Launching Program Tahfizh Weekend Kampung Qur'an Kaemba Jaya

    Launching Program Tahfizh Weekend Kampung Qur’an Kaemba Jaya

Saya menghadiri Peringatan Malam Nuzulul Qur’an dan Launching Program Tahfizh Weekend Kampung Qur’an Kaemba Jaya di Desa Pa’bentengang, Kecamatan Marusu. (21/4/2022)

    Dalam memperingati malam diturunkan Al-Qur’an, kita jadikan sebagai momen semakin menguatkan komitmen kita kepada Al-Qur’an. Selain itu, tentu semakin mendekatkan diri kita bersahabat dengan Al-Qur’an.

Ada beberapa kewajiban yang harus kita tunaikan terhadap Al-Qur’an. Pertama, meyakini kebenarannya. Bahwa tidak ada keraguan di dalamnya, bahkan satu ayat sekali pun. Semuanya adalah kebenaran.

    Kewajiban Kedua adalah mempelajari Al-Qur’an. Belajar membacanya, memahami arti atau maknanya. Berusaha menghafalkannya. Ketiga, mengamalkannya. Maka ibarat pohon yang tidak berbuah, jika Al-Qur’an tidak diamalkan.

Jadi selain memiliki akar yang kuat karena keyakinan terhadap kebenaran yang dibawa, ia juga bertumbuh karena terus dipelajari dan dipahami, lalu akhirnya akan berbuah jika diamalkan.

    Keempat, kewajiban kita adalah mendakwahkan Al-Qur’an. Menyampaikan walau satu ayat, seperti kata baginda Nabi SAW. Tidak cukup hanya sampai kita mengamalkannya sendiri, tetapi pesan dan amanah dari Al-Qur’an harus juga tersampaikan kepada orang lain secara luas.

Dan yang terakhir adalah memperjuangkannya. Al-Qur’an harus kita perjuangkan untuk hadir di tengah-tengah masyarakat menjadi lentera dan petunjuk bagi kehidupan di kampung kita. Maka inilah hubungan dengan upaya kita mewujudkan Kampung Al-Qur’an di Dusun Kaemba Jaya ini.

    Sehingga dengan begitu Al-Qur’an akan menurunkan keberkahannya, menyirami tempat bermukim kita dengan kebaikan. Masyarakatnya baik, pemerintahannya baik. Kehidupan beragama dan bermasyarakat berjalan dengan baik.

Semoga kelak kita termasuk orang-orang yang diberi syafaat berkat pengamalan kita terhadap Al-Qur’an. Aamiin.

_
1-2. Saya membawakan hikmah peringatan Nuzulul Qur’an.
3-4. Tabligh Akbar diikuti oleh jama’ah/warga setempat.
5. Launching Program Tahfizh Weekend Kampung Qur’an ditandai dengan penyematan tanda peserta.
6. Foto bersama dengan unsur Pemerintah Kecamatan dan Desa, serta Pengurus Masjid.

Bagikan:

Categories

Tags

No Taxonomy Found! Sorry, but nothing matched your selection. Please try again with some different keywords.