Muzayyin Arif

Muzayyin Arif Berkunjung ke UPT Pelayanan Inseminasi Buatan Dinas Peternakan Sulsel

    Berkunjung ke UPT Pelayanan Inseminasi Buatan Dinas Peternakan Sulsel

Masih dalam rangkaian Kunjungan Dapil, saya juga meninjau UPT Pelayanan Inseminasi Buatan dan Produksi Semen di Kecamatan Tompobulu Kabupaten Maros.

    Disambut langsung oleh Kepala Seksi Pemeliharaan Ternak. Pada saat berkunjung, mereka sementara melakukan produksi. Ada beberapa jenis hewan ternak; jenis sapi bali, sapi eksotik, kerbau belang.

Kami diantar untuk melihat langsung proses produksi. Dengan Inseminasi Buatan bisa menghasilkan semen dengan kualitas yang lebih baik dan volume lebih banyak.

    Selanjutnya, kami diajak ke laboratorium untuk melihat hasilnya. Oleh para peneliti dievaluasi tingkat progresifitas sel, dengan program ini bisa membuahi sampai 285 betina.

Tujuan program ini untuk memperbaiki mutu genetik ternak, meningkatkan angka kelahiran dengan cepat dan teratur. Selain itu, penggunaan bibit pejantan unggul dioptimalkan secara lebih luas dalam jangka waktu lebih lama.

    Semen kemudian dibuat beku dan dimasukkan ke dalam nitrogen cair. Dengan peralatan dan teknologi yang baik dapat disimpan dalam waktu yang lama, masih dapat digunakan meskipun pejantan telah mati. Distribusi semen beku juga dapat mengurangi biaya, karena pejantan tidak lagi mesti dibawa ke tempat yang dibutuhkan.

Hasilnya akan didistribusikan ke berbagai daerah untuk menyebarluaskan bibit-bibit unggul ternak.

Bagikan:

Categories

Tags

No Taxonomy Found! Sorry, but nothing matched your selection. Please try again with some different keywords.